Home » Tak Berkategori » Kegiatan Akademik dan Pengabdian Internasional Prodi S2 PAI UIN Raden Intan Lampung

Kegiatan Akademik dan Pengabdian Internasional Prodi S2 PAI UIN Raden Intan Lampung


Prodi S2 Pendidikan Agama Islam (PAI) Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung (PPs UIN RIL) melangsungkan rangkaian kegiatan akademik di Institusi pendidikan Malaysia, yaitu ; di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) serta Pengabdian Kepada Masyarakat di Pondok Pesantren khusus Lansia UNAIS Malaysia.

Kegiatan akademik ini diikuti oleh 30 orang mahasiswa S2 PAI angkatan 2022 dan didampingi oleh ;Direktur PPs UIN RIL Prof. Dr.Ruslan Abdul Ghofur, Msi., Ketua prodi S2 PAI: Dr. Imam Syafe’i. M.Ag. dan Sekretaris Prodi: Meisuri, M.Pd.

Kegiatan akademik dan pengabdian masyarakat yang berlangsung sejak tanggal 24 juli sampai 27 juli 2023 dilaksanakan dalam rangka penguatan kompetensi prodi S2 PAI kegiatannya berupa seminar, diskusi ilmiah, praktik mengajar, penelitian, penulisan dan publikasi karya ilmiah.

Kegiatan akademik di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) berupa praktik pengajaran yang dilakukan oleh mahasiswa S2 PAI PPs UIN RIL dihadapan murid SIKL, ” praktik mengajar ini adalah bentuk pengejawantahan dari teori yang sudah didapat mahasiswa selama studi di S2 PAI PPs UIN RIL ” Kata ketua prodi S2 PAI Imam Syafe’i. M.Ag.

Kegiatan terakhir yaitu Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ke Pondok Pesantren khusus Lansia ” UNAIS ” , kegiatan yang berlokasi di Dengkel, Kuala Lumpur Malaysia ini,  berupa seminar dan diskusi Prodi S2 PAI UIN RIL membahas manajemen pondok pesantren bersama pimpinan pondok UNAIS.

” Pondok pesantren bukan sahaja menjalankan peranannya sebagai tempat menuntut ilmu agama, tetapi juga sebagai institusi yang menjalinkan tali persaudaraan dan kasih sayang. Kami komited untuk memberikan penjagaan dan perhatian yang sama kepada warga emas, seperti yang mereka lakukan untuk kami setakat ini ” ujar pimpinan pondok pesantren lansia UNAIS Prof. Dr. Moh Isa Bin Hamzah. 

 ” diharapkan dari adanya kegiatan ini terjalin saling sharing pengalaman, budaya dan kerjasama, serta pengabdian masyarakat dalam memajukan intelektual, spiritual & aktualitas akademis kampus ” kata Direktur PPs UIN RIL Prof. Dr. Ruslan Abdul Ghofur, S.Ag.,M.Si dalam sambutannya di aula Ponpes Lansia UNAIS. seraya menambahkan bahwa kegiatan akademik dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada hari ini adalah suatu bentuk wujud nyata dalam usaha menerapkan 3 pilar semboyan UIN Raden Intan Lampung yaitu ; ” internasionalisasi, digitalisasi dan kemandirian “(njb)